Rabu, 17 Oktober 2012
Humas PN JKT PST

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG BARU PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT

Senin, tanggal 15 Oktober 2012 Ketua Mahkamah Agung RI Bp. DR.H. MUHAMMAD HATTA ALI, SH. MH. secara resmi melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung Pengadilan Negeri / Niaga / HAM / TPKOR dan Hubungan Industrial Jakarta Pusat di Jl. Bungur Besar Raya No. 24,26,28 Kel. Gunung Sahari Selatan, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat. Gedung baru yang memiliki luas tanah 7.419 m² ini rencananya akan dibangun delapan lantai dan 1 basement.

Acara peletakan batu pertama yang diadakan mulai pukul 09.00 ini dimulai dengan acara ramah tamah yang dengan mendengarkan lantunan paduan suara Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Jakarta Pusat serta menyaksikan tari Saman dari Nangro Aceh Darussalam. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan laporan dari Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Bp. SUHARTO, SH. Mhum, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat melaporkan bahwa pembangunan gedung di jalan Bungur Besar ini merupakan pengganti gedung lama Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terletak di jalan Gajah Mada No. 17 Jakarta Pusat. Seperti yang diketahui bersama seiring dengan meningkatnya beban tugas serta kebutuhan akan tersedianya sarana dan prasarana yang  dapat menunjang efektifitas  pelaksanaan tugas-tugas yang diembannya,dan meningkatnya jumlah perkara, maka Gedung lama yang terletak di lokasi sentra bisnis tersebut dipandang tidak memadai lagi. Sedangkan gedung lama Pengadilan Negeri Jakarta pusat yang berlokasi di Jalan Gajahmada No. 17 Jakarta Pusat merupakan cagar budaya yang tidak dapat dipugar. Acara kemudian dilanjutkan oleh paparan singkat oleh arsitek yang merancang bangunan tersebut.

setelah mendengarkan paparan singkat dari arsitek, acara dilanjutkan dengan sambutan dri Ketua Mahkamah Agung RI. Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung RI. memberikan amanat bahwa dengan pembangunan gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Setelah memberikan amanat Ketua Mahkamah Agung RI. menekan tombol sirene sebagai tanda pemancangan tiang pertama yang dilanjutkan dengan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Prof. DR. Habib Al-Kaff yang pada intinya semoga dalam pembangunan gedung baru ini dapat berjalan lancar dan tujuan dibangunnya gedung baru ini juga semoga dapat tercapai untuk membangun peradilan yang agung.