berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Kamis, 05 September 2024

PELUNCURAN APLIKASI e-BIMA oleh YM KETUA MAHKAMAH AGUNG


Senin, 11 Oktober 2021. Bertempat di Ruangan Command Center, Lantai 4, Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus, Ketua, Bapak Muhammad Damis, S.H., M.H., dengan didampingi oleh Panitera, Bapak Mustafa Djafar, S.H., M.H., dan Sekretaris, Bapak Drs. Sofyan Amin, S.H., mengikuti Acara Peluncuran Aplikasi e-BIMA (electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI secara Daring/ Virtual dengan tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Aplikasi e-BIMA (electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) merupakan Aplikasi berbasis Web dan Android yang dibangun dan dikembangkan oleh Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, sebagai Inovasi Terbaru Mahkamah Agung RI yang bertujuan untuk memudahkan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang ada dibawahnya dalam Monitoring dan Pengawasan Transaksi, Realisasi dan Pelaksanaan Anggaran secara Mandiri dan Real Time. Dalam penggunaannya, Aplikasi e-BIMA (electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) terintegrasi dengan Aplikasi Kementerian Keuangan RI dan Lembaga terkait lainnya, sehingga penyajian informasi nya Cepat, Akurat dan Terperinci.

6 (enam) fitur utama e-BIMA (electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) :

1. Pagu Anggaran;

2. Realisasi DIPA;

3. Realisasi PNBP;

4. Capaian Kinerja;

5. Perbendaharaan;

6. Keuangan Perkara.

YM. Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., pada hari ini Senin, 11 Oktober 2021 secara Resmi meluncurkan dan mengintruksikan kepada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang ada dibawahnya mulai memberlakukan Aplikasi e-BIMA (electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) sebagai Sarana Monitoring dan Pengawasan Keuangan. Dalam Kesempatan yang sama, YM. Ketua Mahkamah Agung RI juga menyampaikan Terimakasih kepada segenap Unsur Kesekretariatan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, khususnya Biro Keuangan serta mengapresiasi atas pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka peningkatan kualitas kinerja. Semoga dengan pemberlakuan Aplikasi e-BIMA (electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang ada dibawahnya dapat mewujudkan Tata Kelola Keuangan yang Transparan dan Akuntabel, dan mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, serta mendorong kepercayaan publik terhadap Lembaga Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang ada dibawahnya.

 

 

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi