berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Selasa, 03 September 2024

RAPAT RUTIN BULANAN PERIODE BULAN JANUARI TAHUN 2022


Selasa, 8 Februari 2022. Bertempat di Ruang Auditorium, Lantai 7, Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus, dilaksanakan Rapat Rutin Bulanan Periode Bulan Januari Tahun 2022, yang dipimpin oleh Wakil Ketua, Bapak Surachmat, S.H., M.H., didampingi oleh Panitera, Bapak Mustafa Djafar, S.H., M.H., dan Sekretaris, Bapak Drs. Sofyan Amin, S.H., dengan Agenda Monitoring dan Evaluasi (MonEv) Kinerja, yang diikuti oleh Ketua, Bapak Muhammad Damis, S.H., M.H., Bapak/ Ibu Hakim Karir dan Hakim AdHoc, Bapak/ Ibu Pejabat Struktural Kepaniteraan dan Kesekretariatan, Bapak/ Ibu Panitera Pengganti, Bapak/ Ibu Juru Sita dan Juru Sita Pengganti, Bapak/ Ibu Pelaksana secara Luring dan Daring, dengan tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Kegiatan Rapat Rutin Bulanan Periode Bulan Januari Tahun 2022 secara Luring dan Daring ini dibuka dengan Pembacaan Do'a menurut Agama Islam, lalu dilanjutkan dengan :

  1. Penyampaian Laporan Kinerja masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan secara Simbolis oleh Hakim Pengawas pada Bidang Kepaniteraan dan Bidang Kesekretariatan kepada Koordinator Pengawasan Internal, Wakil Ketua, Bapak Surachmat, S.H., M.H.;
  2. Penyampaian Nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus oleh Wakil Ketua, Bapak Surachmat, S.H., M.H., kepada peserta Rapat, dimana Nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus menempati urutan ke-15 (lima belas) dari 15 (lima belas) Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus di Indonesia. Terkait hal tersebut, Wakil Ketua dalam waktu dekat akan melaksanakan koordinasi dengan Bapak/ Ibu Hakim Pengawas Bidang serta Bapak/ Ibu Pejabat Struktural Kepaniteraan dan Kesekretariatan sebagai Tindak Lanjut Perbaikan Nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) tersebut;
  3. Terkait dengan Kegiatan Ekstra Organisasi selain Tupoksi, yaitu : Keolahragaan pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus, Wakil Ketua, Bapak Surachmat, S.H., M.H., menyampaikan akan melakukan Rapat Koordinasi dengan bagian terkait, untuk nanti menetapkan suatu wadah yang membidangi kegiatan olahraga seperti : Tenis, Sepak Bola, Futsal, Tenis Meja, Senam, dan olahraga lainnya, supaya tidak menimbulkan benturan kepentingan antara Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dengan Kegiatan Ekstra tersebut;
  4. Monitoring dan Evaluasi (MonEv) oleh Ketua, Bapak Muhammad Damis, S.H., M.H., secara Daring, yang menyampaikan Para Hakim, agar selalu mempedomani Hukum Acara dan senantiasa berhati - hati dalam memeriksa, memutus dan mengadili perkara yang ditangani, mengingat Pandemi yang sedang terjadi bukan alasan pengecualian untuk tidak patuh dan tunduk pada Hukum Acara yang berlaku, dan tidak tunduk pada Kode Etik Perilaku Hakim. Dan sesuai dengan PERMA Nomor 7, 8 dan 9 Tahun 2016, tentang Penegakan Disiplin Hakim, Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, dan Pedoman Penanganan Pengaduan pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang ada dibawahnya, disampaikan bahwa pada kesempatan Rapat Rutin Bulanan ini juga sebagai Wadah Pembinaan agar Para Hakim tidak melakukan sesuatu perbuatan yang tidak sesuai Standar dan menyimpang.
  5. Terkait Nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus, oleh Ketua, Bapak Muhammad Damis, S.H., M.H., menyampaikan agar secepat mungkin mencari penyebab serta solusi sebagai Tindak Lanjut Perbaikan Nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) tersebut;

Ketua, Bapak Muhammad Damis, S.H., M.H., tidak bosan - bosannya mengingatkan kepada seluruh Hakim Karir dan Hakim AdHoc, Pejabat Struktural Kepaniteraan dan Kesekretariatan, Panitera Pengganti, Juru Sita dan Juru Sita Pengganti, serta Pelaksana untuk tidak melakukan hal-hal yang menyimpang, untuk selalu berpedoman kepada Ketentuan yang berlaku, sehingga terhindar dari perbuatan dan prilaku menyimpang yang berpotensi pada kegiatan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Pada kesempatan Rapat Rutin Bulanan Periode Bulan Januari Tahun 2022 ini juga dilaksanakan Pelepasan Mutasi Hakim, Bapak Fauzul Hamdi, S.H., M.H., sebagai Hakim Yustisial pada Pengadilan Tinggi Medan. Semoga Bapak Fauzul Hamdi, S.H., M.H., dengan telah dekat dan berkumpul bersama keluarga, akan semakin sehat, bugar dan dapat beraktifitas seperti sedia kala layaknya seorang Hakim-Wakil Tuhan di Dunia.

Sebagai bagian akhir pada Kegiatan Rapat Rutin Bulanan ini, ditutup dengan Penyerahan Cindera Mata kepada Bapak Fauzul Hamdi, S.H., M.H., Foto dan Makan bersama. Semoga Keluarga Besar Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dijauhkan dari segala macam wabah dan penyakit, serta diberikan Kesehatan untuk dapat melaksanakan Tugas serta Tanggungjawab sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Aamiin.

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi