berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Sabtu, 27 Juli 2024

ASIAN JUDGES SYMPOSIUM


JAKARTA–HUMAS, 28-29 Juli 2010 Ketua Mahkamah Agung menghadiri simposium hakim-hakim seAsia mengenai keputusan pembuatan aturan hukum dan keadilan lingkungan yang diadakan di Auditorium Zones A-B Asian Development Bank Headquarters, Manila-Philipina.


Hadir dalam acara tersebut Ketua Muda Perdata H. Atja Sondjaja, Hakim Agung Prof. Dr. Takdir Rahmadi dan Prof. Komariah E. Sapardjaja, Hakim Tinggi Andriani Nurdin, Kepala Pusdiklat Kumdil MA-RI IG Agung Sumanatha, Hakim Yustisial Bambang H. Mulyono, WKPN Depok Prim Haryadi, Hakim PN Jakarta Pusat Sugeng Riyono dan Sunardi , Hakim PN Jakarta Selatan Artha Theresia Silalahi, serta Anggota Tim Pembaruan Peradilan Wiwiek Awiati.

 


Adapun dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan bahwa peran pengadilan dalam rangka menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mendorong terwujudnya good governance dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development), serta melindungi kepentingan generasi saat ini dan generasi yang akan datang, menjadi jauh lebih penting lagi mengingat tindakan-tindakan yang tidak pro-lingkungan atau tindakan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan jauh lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan hukum positif itu sendiri.

 


Dan peran penting pengadilan ini lah yang melandasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung untuk menyiapkan hakim-hakim serta aturan pengadilan (court proceeding) yang sejalan dengan upaya perlindungan daya dukung ekosistem, pembangunan berkelanjutan dan good governance.



Ketua Mahkamah Agung juga memperhatikan bahwa perlu adanya kerjasama lebih erat lagi antar hakim-hakim se ASEAN untuk bersama-sama mengembangkan “green bench”. Dan Mahkamah Agung Republik Indonesia memiliki pusat pelatihan hakim yang cukup representative untuk penyelenggaraan pertemuan tersebut, oleh karena itu Mahkamah Agung RI siap menjadi tuan rumah apabila diperlukan untuk menyelenggarakan pertemuan para Ketua Mahkamah Agung se-ASEAN dan hakim-hakim lingkungan se-ASEAN pada tahun depan.(foto-foto yang lain dapat dilihat di galeri foto) (Sumber : http://www.mahkamahagung.go.id/rnews.asp?bid=1625)

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi