berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Sabtu, 27 Juli 2024

DELEGASI PENGADILAN AUSTRALIA MELAKUKAN KUNJUNGAN KE PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT KELAS IA KHUSUS


Selasa, 25 Juni 2024, Federal Court of Australia (FCA) melakukan kunjungan resmi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Kunjungan kehormatan dari delegasi Federal Court of Australia (FCA) ini dipimpin oleh Justice Berna Collier sebagai kepala delegasi, didampingi oleh Justice Stephen Burley, Justice Robert Bromwich dan Principal Registrar Sia Lagos.

Delegasi dari Australia tersebut berkesempatan berkeliling ke beberapa ruangan yang ada pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus. Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus menjelaskan tentang Aplikasi layanan Registrasi dan Layanan Online (Relay On) serta memperlihatkan Aplikasi (Relay On) tersebut kepada delegasi dari Australia, lalu delegasi dari Australia mengunjungi Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTPS) serta mengunjungi Ruang Sidang Admaja 2. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi-inovasi yang diterapkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan akses terhadap keadilan.

Selain berkeliling, para delegasi juga terlibat dalam diskusi mendalam tentang "20 Tahun UU Kepailitan Indonesia : Memperkuat Tata Kelola Kepailitan Indonesia bagi Kepailitan yang efektif dan mendukung daya saing". Diskusi ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Mahkamah Agung serta pembacaan do’a.

Kegiatan dilanjut dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus Bapak Dr. Rudi Suparmono, S.H., M.H. yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Delegasi Federal Court Of Australia (FCA) serta menyampaikan sedikit tentang kepailitan yang ada di Indonesia. Lalu acara dilanjut dengan kata sambutan dari Ketua Kamar Perdata Bapak I Gusti Agung Sumantha, S.H., M.H. selanjutnya kata sambutan dari Federal Court of Austalia Hon Berna Joan Collier. Lalu kata sambutan sekaligus pembukaan seminar internasional oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial Bapak Dr. H. Sunarto, S.H., M.H.

Kegiatan berikutnya ialah sesi foto bersama, pemberian cinderamata dan pemutran video profile Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus.

Kegiatan diskusi dimoderatori oleh Profesor Ningrum Natasya Sirait dari Universitas Sumatera Utara. Diskusi ini menghadirkan pembicara pertama dari Hakim Agung Kamar Perdata Mahkamah Agung RI Bapak Syamsul Maarif, Ph.D, pembicara kedua dari Federal Court of Australia Stephen Carey George, pembicara ketiga Robert James Bromwich, dan pembicara keempat dari Direktorat Jenderal Administrasi Umum Kementerian Hukum dan HAM.

Tujuan dari diskusi ini ialah untuk menilai implementasi UU Kepailitan di Indonesia selama 20 tahun terakhir, mengidentifikasi tantangan-tantangan utama yang dihadapi dalam pelaksanaan UU Kepailitan dan mencari solusi potensial, menganalisis dampak UU Kepailitan terhadap berbagai pemangku kepentingan, termasuk debitur, kreditur, profesional hukum, dan perekonomian secara keseluruhan. Untuk membahas praktik terbaik, inovasi, dan pembelajaran dari pengalaman Australia (Pengadilan Federal) dalam bidang hukum kepailitan, serta Untuk mengeksplorasi prospek masa depan dan merekomendasikan strategi untuk meningkatkan efektivitas undang-undang kepailitan di Indonesia dan sekitarnya.

Kegiatan ini di tutup dengan sesi tanya jawab.

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi