berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Minggu, 08 September 2024

INTERNATIONAL COMMERCIAL ARBITRATION WORKSHOP


Kamis, 17 Desember 2020. Bapak Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus, bertempat di Ruang Rapat Ketua Lantai 4, mengikuti mengikuti "International Commercial Arbitration Workshop For the supreme court of the Republic of Indonesia" secara Daring.

Sebagai Pembicara pada Kegiatan ini adalah :

1. Mr Gary Born (President, SIAC Court of Arbitration;

    Chair, International Arbitration Practice Group, Wilmer Cutler Pickering Hale and Dorr LLP)

2. Mr Kevin Nash (Deputy Registrar & Center Director, SIAC)

3. Mr Kendista Wantah (Counsel, SIAC)

Arbitrase Internasional adalah penyelesaian sengketa melalui pihak ketiga yang netral. Arbitrase ada yang terlembaga ada pula yang bersifat sementara (ad hoc). Permasalahan timbul saat sengketa muncul antara perusahaan multinasional, dimana mereka justru mengajukan tuntutan ke berbagai pengadilan di berbagai negara ketimbang menempuh proses arbitrase. Pada prinsipnya keputusan arbitrase adalah final dan mengikat. Namun pelaksanaan keputusan ini dapat kehilangan kekuatannya apabila tidak ada itikad baik dari satu atau kedua belah pihak untuk melaksanakan putusan tersebut. Oleh karena itu arbitrase internasional sebaiknya digunakan sebagai alternatif penyelesaian sengketa bagi perusahaan multinasional.

Karena kompleksitasnya Permasalahan terkait Arbitrase Internasional ini, maka oleh Pihak yang concern (fokus) kepada Perkara Arbitrase merasa perlu melakukan diskusi secara langsung dengan Pihak Mahkamah Agung Republik Indonesia sebagai induk organisasi Pengadilan yang selama ini memeriksa, memutus dan mengadili Perkara Arbitrase, agar persepsi tidak berkembang luas dan diharapkan 1 (satu) suara kedepannya dalam proses penyelesaian sengketa Arbitase di masa mendatang.

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi