berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Sabtu, 27 Juli 2024

KETUA PN JAKARTA PUSAT MENGIKUTI SOSIALISASI PENGAJUAN UPAYA HUKUM KASASI DAN PK SECARA ELEKTRONIK


Selasa, 7 Mei 2024 bertempat di Aston Kemayoran City Hotel, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus Bapak Dr. Rudi Suparmono, S.H., M.H. menghadiri Acara Sosialisasi Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/Peninjauan Kembali Secara Elektronik dan Kebijakan Modernisasi Manajemen Perkara pada Mahkamah Agung RI. Acara ini juga dihadiri oleh 2 (dua) Orang Pegawai pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Panitera Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni sosialisasi pengajuan upaya hukum kasasi dan peninjauan kembali secara elektronik. Panitia penyelenggara membagi sosialisasi menjadi dua termin.

Pada termin pertama, materi sosialisasi adalah “Kompilasi Kebijakan Terbaru Penanganan Perkara di Mahkamah Agung” yang disampaikan langsung oleh Panitera Mahkamah Agung Bapak Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum. Setelah itu, materi dilanjutkan dengan “Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Berkas Perkara Elektronik dalam Pengajuan  Upaya Hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali secara Elektronik” yang disampaikan oleh Koordinator Data dan Informasi Kepaniteraan Mahkamah Agung RI Bapak Asep Nursobah. Moderator dalam sosialisasi tersebut adalah Hakim Yustisial Kepaniteraan Mahkamah Agung RI Bapak Ahmad Z. Anam.

Adapun termin kedua dibagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama, materi yang disajikan adalah “Layanan Pembayaran Virtual Account untuk Perkara Kasasi/PK secara Elektronik”  yang disampaikan oleh Gina Rosana (Goverment Institution Dept. Head PT BSI) dan Lis Febrina (Ministry and Goverment Payroll Dept. Head PT BSI). Sedangkan pada sesi kedua, materi yang disajikan adalah “Pemberlakuan Upaya Hukum Kasasi/Peninjauan Kembali secara Elektronik (Sipp 5.5.0 - Siap  Mahkamah Agung Terintegrasi) dan Simulasi Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/PK secara Elektronik” yang disajikan oleh Tim Pengembangan Sistem Informatika Biro Hukum dan Humas yang terdiri dari Bapak Ikhwanul Dawam Sutawijaya, S.Kom, M.H., Bapak Stefanus Dwi P Medisa, S.Kom., dan Bapak Candra Butarbutar, S.Kom.

Kegiatan ini di tutup dengan sesi tanya jawab.

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi