berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Minggu, 08 September 2024

SIDANG PARIPURNA KHUSUS PEMILIHAN WKMA BIDANG YUDISIAL


Rabu, 20 Januari 2021. Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2021, Tanggal 19 Januari 2021, Tentang Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial, Segenap Pimpinan pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus mengikuti secara Daring/ Virtual acara Sidang Paripurna Khusus tersebut dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Pemilihan itu dilakukan di gedung Mahkamah Agung RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Yang memiliki hak suara adalah hakim agung. Dari 45 hakim agung, hadir 42 hakim agung sehingga sidang paripurna telah memenuhi kuorum. Pemilihan dibuka dengan pidato Ketua MA Syarifuddin. Setelah itu, dibacakan tata tertib sidang. Acara dilanjutkan dengan pemilihan dengan memilih 5 calon :
1. Amran Suaidi
2. Suhadi
3. Andi Samsan Nganro
4. Irfan Fachruddin
5. Zahrul Rabain

Peringkat suara yang didapat :
1. Amran Suaidi mendapatkan 8 suara
2. Suhadi mendapatkan 7 suara
3. Andi Samsan Nganro mendapatkan 12 suara
4. Irfan Fachruddin mendapatkan 4 suara
5. Zahrul Rabain mendapatkan 8 suara
6. Tidak sah 2 suara
7. Abstain 1 suara

Karena tidak ada suara mayoritas, dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh 3 suara terbesar, yaitu Andi Samsan Nganro, Amran Suaidi, dan Zabrul Rabain, Hasilnya yaitu :
1. Andi Samsan Nganro sebanyak 20 suara.
2. Amran Suaidi sebanyak 3 suara
3. Zabrul Rabain sebanyak 17 suara.
4. Tidak sah 1 suara
5. Abstain 1 suara
Dengan perolehan itu, Andi menjadi Wakil Ketua MA bidang Yudisial. Andi Samsan Nganro adalah hakim agung karier. Dia menjadi hakim agung sejak 2013 setelah melalui seleksi Komisi Yudisial (KY) dan disetujui DPR.

Keluarga Besar Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas I A Khusus mengucapkan Selamat kepada Yang Mulia Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H., yang terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial, kiranya menjadi Amanah yang akan memajukan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Badan Peradilan dibawahnya.

Berita Lainnya

Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi